SBY Akan Bicarakan ISIS di Amerika

SBYPresiden Susilo Bambang Yudhoyono berencana akan membicarakan mesalah ISIS dalam sebuah pertemuan bersama para pemimpin dunia muslim – dan juga pemimpin-pemimpin lainnya di Washington DC, AS. Beliau mengatakannya di Bandara Halim Perdanakusumah Jakarta hari kamis kemarin sebelum berangkat melakukan perjalanan ke Portugal, AS dan Jepang, seperti dilaporkan republika.co.id.

“Ini adalah salah satu tema yang akan kami bahas di Washington,” kata beliau.

Menurut Presiden Yudhoyono, beliau juga akan membicarakan mengenai solusi non-militer, yang akan memberi pemecahan permanen dalam penangan masalah ISIS ini bersama dengan para pemimpin dunia muslim – ataupun non-muslim di AS. Beliau sadar bahwa masalah ISIS ini akan membuka masalah baru di Negara-negara Islam.

“Karenanya, Indonesia ingin secara aktif mencari penyelesaiannya bersama-sama, tidak hanya melalui operasi militer dengan komunitas internasional, namun juga penyeelaian non-politis dan non-militer,” tambah Yudhoyono.

Indonesia adalah rumah bagi populasi muslim terbesar yang berjumlah 225 juta orang. Banyak orang Indonesia yang melakukan perjalanan ke Syria dan Irak untuk berperang. Pemerintah khawatir sekembalinya mereka akan menyebarkan ideology ekstrimis kepada bangsa ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s