Bagaimana Membebaskan Diri dari Kecanduan Masturbasi dan Gambar-gambar Porno

Oleh: Sheikh Ahmad Kutty[1]

Dosen Senior, The Islamic Institute of Toronto — Canada

Jika seseorang kecanduan pada suatu kebiasaan buruk yang dapat menghancurkan jiwa spiritualnya yang dengan demikian akan membawa kehancuran dirinya, dia harus segera mengerahkan kemampuannya dan mengambil langkah yang dianggap perlu untuk menyapih dirinya dari kebiasaan itu dengan segera.Porn

Untuk menguatkan dirinya itu dia harus, mencari penyuluhan dan therapy yang dapat diberikan oleh professional yang ada di sekitarnya dari kalangan orang muslim. Jika tak ada dari kalangan orang muslim, dia boleh memilih orang yang baik secara etik dan moral. Adalah penting bagi dirinya untuk menyapih dirinya dari kebiasaan-kebiasaan buruk itu. Konsekuensi membiarkan diri bertahan pada kebiasaan buruk itu adalah sesuatu yang tak dapat terperikan; tak terbantahkan lagi bahwa kebiasaan-kebiasaan buruk itu dapat merusak jiwa spiritualnya dan dapat menyebabkan kematian spiritualnya.

Dosa-dosa seperti itu dapat menyebabkan kecanduan, karena dapat menyebabkan diri jasmaninya mencari kesenangan dalam dosa. Sebagaimana dikatakan oleh Al-Busiri, “Diri jasmani itu bagaikan seorang bayi; jika engkau membiarkannya (tidak mendidiknya), dia akan tumbuh menempel (menyusu) selamanya (menyusahkan), namun jika engkau menyapihnya, maka dia akan terbiasa.” Saya menyarankan beberapa tip yang dapat digunakan seseorang untuk menguatkan dirinya:

  1. Bayangkan dan renungkan bagaimana buruknya dosa yang mengerikan ini dan bayangkan gambaran api neraka seperti yang dilukiskan dalam Qur’an dan Sunnah sesering mungkin kapanpun kamu tergoda untuk mengunjungi ataupun membaca situs-situs dan majalah-majalah seperti itu, adegan yang terjadi di neraka akan bermain di pikiranmu. Maka, kalaupun kamu memiliki gambaran kecanduan ini sebagai kesenangan, kamu juga dapat menggambarkannya sebagai penyebab rasa sakit dan penderitaan.
  2. Yakinkan dirimu sendiri urgensi menghapuskan kanker ganas ini dari kehidupanmu dengan cara mengambil langkah-langkah seperti mendaftar semua hal-hal negative tentang kebiasaan itu, dan mendaftar ayat-ayat dan tradisi yang dapat memberatkan dosa itu. Ingatlah bahwa hal ini lebih serius daripada kanker yang menyerang tubuhmu,  kecuali jiwamu dapat menyelamatkanmu bahkan setelah ragamu terpisah dari bumi.
  3. Bayangkan kerugian mengerikan yang akan kau hadapi jika engkau mati dalam keadaan kecanduan dosa paling mengerikan ini.
  4. Mintalah kekuatan kepada Allah dengan cara memohon pertolongan-Nya. Namun kamu tak dapat meminta pertolongan Allah kecuali kamu berusaha untuk membangun hubungan dengan-Nya melalui shalat lima waktu, jadi jangan sampai mengulur-ulur waktu shalat.
  1. Buatlah sekedul waktu dimana kamu tak akan dibiarkan memiliki waktu untuk memikirkan hal-hal seperti itu. Imam Ash-Syafi`i berkata, “Jika engkau tidak memenuhi pikiranmu dengan pekerjaan-pekerjaan baik, ragamu akan membuatmu sibuk dalam hal-hal buruk!”
  2. Kitari dirimu dengan pengaruh dan semangat Islam dan benar-benar membenamkan dirimu di dalamnya.
  3. Selalu berada di sekitar orang-orang Muslim yang baik yang menyibukkan diri berbuat kebaikan; bergabunglah dengan sebuah halaqah dimana latihan spiritual ditanamkan bersamaan dengan belajar Islam.
  4. Buatlah pikiran dan lidahmu sibuk dengan dzikir (mengingat Allah). Ucapkan kalimat-kalimat berikut dan lainnya yang hamper sama secara berulang-ulang: Subhan Allah; al-hamdu lillah; laa ilaha illa Allah; Allahu akbar; Wa laa hawla wala quwwata illa billah. Astaghfir Allaha al-azhim min kulli dhanbin wa atubu ilaihi. (Maha suci Allah; segala puji hanya bagi Allah; tiada Tuhan kecuali Allah, Allah Maha Besar. Tak ada kekuatan kecuali dengan izin Allah. Aku memohon ampun kepada Allah dari segala dosa dan bertaubat kepada-Nya.)
  5. Sekali kamu dapat melepaskan diri dari kebiasaan-kebiasaan buruk ini, kamu harus berpikir untuk menikah dengan sungguh-sungguh; karena pernikahan dapat menjadi pelindung melawan godaan-godaan itu.

Saya berdoa semoga Tuhan yang Maha Pengampun akan menyelamatkan kita dari kecenderungan buruk jiwa-jiwa kita dan membuat kita membenci kekafiran, kedurhakaan dan dosa-dosa; dan semoga Allah menimbulkan rasa cinta ke dalam hati-hati kita kepada keimanan dan perbuatan-perbuatan baik. Aamiin.

[1] Sheikh Ahmad Kutty adalah dosen senior dan Sarjana Islam di Islamic Institute of Toronto, Ontario, Canada.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s