ZAYNAB binti Khuzayma

Zainab binti Khuzaimah (رضي الله ﻋﻧﻬﺎ) menikah dengan Nabi (ﷺ) pada bulan Ramadhan tahun keempat hijriah setelah Nabi menikah dengan Hafshah dan berusia limapuluhenam tahun dan Zainab berusia tigapuluh tahun. Pernikahan ini terjadi setelah Zainab menjanda karena suaminya syahid dalam perang Badar[ii]. Zainab (رضي الله ﻋﻧﻬﺎ) sendiri yang mengajukanANGGREK diri untuk dinikahi Nabi (ﷺ) yang kemudian diterima. Zainab binti Kuzaimah (رضي الله ﻋﻧﻬﺎ) adalah seorang wanita yang sangat dermawan kepada anak yatim dan orang-orang miskin. Oleh karenanya dia terkenal sebagai ‘Ibunda Kaum Miskin.’

Zainab binti Khuzaimah meninggal delapan bulan setelah pernikahannya dengan Nabi (ﷺ). Semoga Allah meridlainya dan meski tak banyak orang mengenalnya hari ini, akan banyak yang merasakan kedermawanannya kelak di akhir zaman.

 

[ii] Para periwayat memiliki beragam pendapat mengenai siapa yang pernah menikahi Zainab binti Khuzaimah sebelum Nabi (ﷺ) Ada yang mengatakan bahwa sebelumnya dia pernah menikah dengan Abdullah ibn Jahsy, sepupu Nabi yang syahid dalam perang Uhud. Ada juga yang mengatakan bahwa dia pernah menikah dengan at-Tufayl ibn al-Harits ibn Abd al-Muttalib dan setelah diceraikan kemudian menikah dengan saudara at-Tufayl ibn al-Harits ibn Abd al-Muttalib, yaitu Ubaidah ibn al-Harits. Maka setelah kesyahidan suaminya itu di perang Badar, kemudian Nabi menikahi Zainab binti Khuzaimah.

Binti ash-Shati memberi preferensi terhadap pendapat ini yang mengatakan bahwa Zainab binti Khuzaimah pertama-tama menikah dengan at-Tufayl dan setelah diceraikan, kemudian menikah dengan saudaranya at-Tufayl yang bernama Ubaidah ibn al-Harits. Pendapat ini didukung oleh fakta bahwa Nabi (ﷺ) menikah dengan Hafshah setelah selesai perang Badar dimana Ubaidah (رضي الله عنه) menjadi syahid. Nabi menikahi Zainab tidak lama dari itu, diperkirakan oleh para ulama sekitar duapuluh hari setelah pernikahannya dengan Hafshah. (Muhammad Fathi Mus’ad, The Wives of Prophet Muhammad Their Strives and Their Lives. Islamic INC. Publishing and Distribution 8 As-Sayeda Zainab Sq.Cairo. Egypt Translated to English, Edited, and Prepared by: Al-Falah Foundation 24 Tairan st. Nasr city, Cairo, Egypt Tel & Fax: 2622838. PDF. Tanpa tahun).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s